Selasa, 18 Oktober 2011

SLOGAN YANG MENJADIKAN KONSUMEN LOYAL

Slogan iklan Rinso Berani Kotor Itu Baik dengan peningkatan loyalitas pelanggan terhadap merek produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi, yang menggunakan teori cognitif response dalam memperoleh data yang dibutuhkan digunakan cara penyebaran angket, wawancara dan studi kepustakaan. Cara pengambilan sampel penelitian ini adalah menggunakan teknik Multistage Cluster Sampling, dimana sampel tersebut adalah 128 responden yang tinggal di kecamatan Sukasari kelurahan Sukarasa Bandung yang berjenis kelamin wanita.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara slogan iklan Rinso Berani Kotor Itu Baik dengan peningkatan loyalitas pelanggan terhadap merek, dimana dari hasil perhitungan didapat koefisien korelasi sebesar 0,455. Pada kesimpulannya sebagian besar responden memahami makna slogan iklan rinso Berani Kotor Itu Baik sehingga timbulah peningkatan loyalitas responden terhadap merek rinso. Saran penulis dalam pembuatan konsep slogan iklan selanjutnya, tim kreatif lebih menonjolkan merek Rinso sehingga memperkuat merek Rinso dalam slogan iklan.


Salah satu produk Sampoerna yang mempunyai tingkat mind share tinggi di benak konsumen adalah Sampoerna A Mild. A Mild jika dilihat dari perkembangannya adalah salah satu kategori rokok yang masih tetap bertahan selama 21 tahun walaupun produk pesaing lumayan banyak. A Mild yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1989 merupakan sebuah merek yang tidak hanya memimpin pasar tetapi juga merubah rules of the game di industri rokok . Hal ini juga diperkuat dengan pengukuhan sebagai Indonesian Best Brand Award dan Indonesian Customer Loyalty Award


Nestle : Good Food, Good Life
Mission Statement Di Nestle, kami percaya penelitian yang dapat membantu kita membuat makanan terbaik sehingga orang menjalani kehidupan yang lebih baik. Makanan yang baik adalah sumber utama dari kesehatan yang baik sepanjang hidup. Kami berusaha untuk membuat makanan yang aman, berkualitas tinggi dan memberikan nutrisi yang optimal untuk memenuhi kebutuhan fisiologis konsumen. Selain gizi, kesehatan dan kesehatan, produk Nestle memberikan konsumen dengan bahan-bahan penting dari rasa dan menyenangkan. Sebagai konsumen terus membuat pilihan tentang makanan yang mereka makan dan minum, Nestle membantu memberikan pilihan untuk semua preferensi individu selera dan gaya hidup. Penelitian merupakan bagian penting dari warisan kita dan Nestle merupakan bagian penting dari masa depan kita. Kita tahu masih banyak belajar tentang kesehatan, kesehatan dan peran makanan dalam kehidupan kita, dan kita terus mencari jawaban untuk memberikan konsumen makanan yang baik untuk kehidupan yang baik.


PT. TOYOTA
"MOVING FORWARDS"


Moving Forward adalah tentang mendengarkan kebutuhan orang lain dan kebutuhan planet kita. Filosofi ini terpatri dalam setiap langkah yang Kita lakukan. Moving Forward adalah tentang merancang kendaraan yang ramah lingkungan di masa depan. Dengan kendaraan pionir berteknologi mesin hybrid elektrik/gas, Kami berbicara tentang mesin yang menggunakan tenaga yang berasal dari oksigen, dimana hasil buangannya berupa air. Dan dengan teknologi yang menjamin keselamatan terbaru, seperti sistem pengenalan pejalan kaki, komunikasi antar kendaraan dan radar keselamatan sebelum tabrakan, para ahli Kami berkarya untuk membuat kendaraan yang aman bagi semua orang.
Tujuan kami adalah meningkatkan kualitas kehidupan Anda. Ini bisa diartikan sebuah MPV yang mengantar anak ke sekolah. Sebuah sedan yang menunjukkan kepercayaan diri, ”Anda Sudah Tepat” atau sebuah 4x4 yang bekerja keras seperti yang Anda lakukan.Dengan demikian, apapun arti Moving Forward bagi Anda, Kami dapat membantu Anda untuk mencapainya. Moving Forward adalah tentang perbaikan berkelanjutan. Bila Anda melihat dunia dari sisi ini, Anda dapat merasakan perbaikan dari hari ke hari, di setiap aspek kehidupan. Jadi, ketika Kita menatap masa depan, hanya ada satu cara untuk Kita bergerak. Kedepan


YAMAHA
"SELALU TERDEPAN"

Begitu krisis sudah bisa dilewati oleh Yamaha, maka pada tahun 2002, Yamaha melakukan reformasi. Dari posisi no action, mulai melakukan action kembali. Didukung oleh Jepang yang siap memberikan komitmennya kembali, maka Yamaha Indonesia melakukan pengembangan dengan menjalankan 4 langkah strateginya.

Langkah pertama : Pengembangan Produk
Pada stage ini, Yamaha melakukan strategi pengembangan produk dengan mengeluarkan dua produk barunya. Yaitu produk sepeda motor 4 tak menggantikan motor 2 tak (market-based product development). Dan produk sepeda motor otomatis (market-driving product development). Di kategori otomatis, Yamaha mengeluarkan Yamaha Mio yang akhirnya kini menjadi trend setter (market driven) bagi merek lainnya. Terbukti akhirnya Honda dan Suzuki juga mengeluarkan produk di kategori yang sama. Yamaha Mio dikembangkan dengan bekal customer insight yang menurut saya sangat jeli. Yaitu bahwa, sebagian besar wanita masih takut mengendarai motor karena malu, takut kotor, takut digoda lawan jenis, dan takut kehilangan keperawanan. Kalau pun ada yang berani, hanya sebatas untuk keperluan yang dekat-dekat saja. Alhasil muncullah Mio yang mudah dikendarai, ringan, warna yang sesuai dengan soul wanita, tetapi bisa dipacu dengan kecepatan tinggi.

Langkah kedua : Komunikasi
Yamaha mengubah image melalui aktivitas komunikasi. Mereka tidak lagi menggunakan pendekatan hi-tech, tapi menggunakan pendekatan humor. Dengan menggunakan Komeng, Tessa, Dedi Mizwar, dan Didi Petet, yang kesemuanya ‘konyol abis’, awereness Yamaha pelan-pelan terdongkrak. Pesan-pesan yang merubah persepsi negatif Yamaha pun lama-lama bergeser menjadi positif. Untuk menjelaskan bahwa “Yamaha 4 tak”, digunakan ungkapan “Yamaha tidak menggunakan oli samping”. Untuk mengubah persepsi warna “Tukang pos”, digunakan ungkapan “Yamaha warnanya indah”. Sedang persepsi “body gemuk” dipakai ungkapan “sexy”.

Langkah ketiga : Customer Management
Aktivitas pengelolaan pelanggan dibangun oleh Yamaha dengan tiga pilar, yaitu customer satisfaction avtivities, customer delighted activities, dan customer fanatic activities. Kepuasan pelanggan dilakukan Yamaha melalui para dealernya dengan menyempurnakan after sales service. Secara terus menerus Yamaha melakukan pelatihan bagi staf dealer maupun bengkel, hingga mereka dapat memberikan layanan sempurna pada para pelanggan.
Sedangkan customer delighted activities diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti : memberikan servis gratis, pelatihan safety riding, menguruskan SIM secara koletif bagi pembeli motor Yamaha, games, dan entertainment berupa nonton bareng MotoGP.
Adapun untuk membentuk fanatisme para bikers dilakukan oleh Yamaha dengan membangun klub pemilik Yamaha, turing bersama, gathering pelanggan di dealer-dealer Yamaha, hingga lomba masak

Langkah keempat : Brand Management
Yamaha mengusung “Selalu Terdepan” sebagai brand statement-nya. Citra ini diperkuat dengan aktivitas ATL melalui iklan TVC bertema “Yamaha Selalu Terdepan”. Di aktivitas ATL-nya, Yamaha menggelar konser Dewa, gratis bagi pemilik STNK Yamaha. Dan yang baru, melakukan turing keliling ASEAN Yamaha Jupiter MX dan jumpa Miss Universe dan Miss Indonesia di Bali.

Walhasil, apa yang dilakukan oleh Yamaha sejak tahun 2002 ini, sekarang menampakan hasil yang fantastis. Patut mendapat acungan dua jempol. Kini tantangan Yamaha adalah membuat terobosan-terobosan inovatif di aspek produk maupun di aspek layanan secara konsisten dengan back up komunikasi yang lebih cerdas. Karena bukan tidak mungkin, saat ini kompetitor lainnya sedang menyiapkan ‘serangan’ yang lebih dahsyat!


Garda Otto (PT ASURANSI ASTRA) : "Don't Worry be Happy"

MISSION STATEMENT
Visi

Memberikan rasa aman dan tenteram kepada jutaan pelanggan

Misi
1.Memberikan rasa aman dan tenteram kepada pelanggan
2.Menjadikan perusahaan sebagai tempat yang menyenangkan untuk bekerja
3.Berkeyakinan bahwa perusahaan dihargai sebagai investasi yang menguntungkan bagi pemegang saham
4.Menjadikan perusahaan sebagai warga usaha yang baik bagi lingkungan sekitarnya


PT.PLN (Persero)
"Listrik untuk kehidupan yang lebih baik."

MISSION STATEMENT

Visi :

Diakui sebagai pengelola transmisi, operasi sistem dan transaksi tenaga listrik dengan kualitas pelayanan setara kelas dunia, yang mampu memenuhi harapan stakeholders, dan memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Misi:

Melakukan usaha transmisi tenaga listrik yang efisien, andal, aman dan ramah lingkungan;

Melaksanakan pengelolaan operasi sistem tenaga listrik yang andal, aman, bermutu dan ekonomis;

Melaksanakan pengelolaan transaksi tenaga listrik yang transparan dan kredibel;

Melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan sumberdaya manusia (SDM) yang kompeten dan profesional;

Mengembangkan usaha di luar usaha pokok yang dapat memberikan kontribusi pada perolehan laba usaha.


PRUDENTIAL:
"Hanya dengan mendengarkan, kami dapat memahami apa yang dibutuhkan masyarakat, dan hanya dengan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat, kami dapat memberikan produk dan tingkat pelayanan sesuai dengan yang diharapkan."

MISI =“Menjadi perusahaan Jasa Keuangan Ritel terbaik di Indonesia, melampaui pengharapan para nasabah, tenaga pemasaran, staf dan pemegang saham ? dengan memberikan pelayanan sempurna, produk berkualitas, tenaga pemasaran profesional yang berkomitmen tinggi serta menghasilkan pendapatan investasi yang menguntungkan."


Empat Pilar Misi
Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Misi, PT Prudential Life Assurance memiliki Empat Pilar, yaitu pondasi yang merupakan dasar berdiri dan berkembangnya perusahaan serta yang membedakannya dengan perusahaan-perusahaan lain. Berikut ini adalah Empat Pilar:
Semangat untuk selalu menjadi yang terbaik
Untuk memberikan yang terbaik dan memperbaiki kemampuan untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula.
Organisasi yang memberikan kesempatan belajar
Memberikan kesempatan kepada setiap orang di perusahaan untuk mendapatkan pengetahuan, keahlian dan pengembangan pribadi melalui berbagi training.
Bekerja sebagai suatu keluarga
Bekerja bergandengan tangan sebagai satu keluarga besar memperlakukan satu sama lainnya dengan rasa hormat dan penuh kasih untuk menciptakan suasana penuh pengertian.
Integritas dan Keuntungan yang merata bagi semua pihak yang terkait dengan perusahaan
Komitmen untuk selalu memiliki integritas dalam setiap hal, menyediakan pelayanan terbaik untuk nasabah, menghargai setiap orang dengan adil berdasarkan nilai tambah bisnis, berkomunikasi dengan jelas dan memberikan pendapatan penghasilan yang baik ke setiap orang (tanpa diskriminasi).


PT. BOGASARI : Turut Menbangun Gizi Bangsa

VISI :

Menjadi perusahaan global penyedia makanan berkualitas (berbasis pertanian) dan produk serta jasa terkait.

MISI :

Kami berkomitmen untuk menyediakan produk dan jasa makanan (berbasis pertanian)bermerek yang berorientasi pasar dan pelanggan yang inovatif dan berkualitas tinggi.

Kami berusaha untuk memberikan kepuasan, memenuhi kebutuhan kesehatan dan gizi masyarakat; memberikan nilai (manfaat) optimal bagi pelanggan kami, pemilik modal, pekerja dan masyarakat pada umumnya.


PT SEMEN GRESIK Tbk.
“KOKOH TAK TERTANDINGI”

Visi :
Menjadi perusahaan persemenan bertaraf internasional yang tekermuka dan mampu meningkatkan nilai tambah kepada para pemangku kepentingan (stakehodlers).

Misi :
1.Memproduksi, memperdagangkan semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan konsumen dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.
2.Mewujudkan manajemen perusahaan yang berstandar internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis, semangat kebersamaan, dan bertindak proaktif, efisien serta inofatif dalam berkarya.
3.Memiliki keunggulan bersaing dalam pasar semen domestik dan internasional.
4.Memberdayakan dan mensinergikan unit-unit usaha strategik untukmeningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
5.Memiliki komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan pemangku kepentingan (stakeholders) terutama pemegang saham, karyawan dan masyarakat sekitar.



sumber :
http://apmcs.blogspot.com/2009/09/tugas-1-spm-s1-akt-kelas-b-rabu.html
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/22879/5/Chapter%20I.pdf
http://hub.indonesiadl.net/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunpadfikom-gdl-bungafaiti-281

Tidak ada komentar:

Posting Komentar